Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan Komputer adalah sebuah kumpulan komputer dan peralatan lainnya yang terhubung satu sama lain dalam satu kesatuan.disini informasi dan data bergerak melalui kabel ataupun tanpa kabel (wireless), sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar data dan informasi, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.

Agar dapat berfungsi dengan baik suatu sistem jaringan komputer minimal membutuhkan 3 (tiga) komponen dasar, yaitu :

1.         Host / Node (simpul)
Node merupakan sistem komputer utama jaringan, berupa komputer yang dapat diakses oleh pemakai. Agar komputer dapat terhubung dalam jaringan, maka pada CPU harus terpasang peralatan tambahan berupa Network Interface Card (NIC) atau biasa disebut LAN Card Selain itu bisa juga menggunakan wificard jika ingin terhubung melalui jaringan wireless

2.         Link (saluran)
Link merupakan media penghubung antar komputer yang satu dengan yang lain. Media saluran yang biasanya dipakai adalah kabel LAN atau menggunakan sinyal wireless pada perangkat nirkabel.

3.         Software
Program komputer juga merupakan komponen penting pada jaringan komputer karena berfungsi mengelola sambungan antar node sehingga dapat saling berhubungan. Misalnya seperti DHCP yang berfungsi untuk member alamat IP secara otomatis kepada setiap node.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Jaringan Komputer"

Post a Comment