Membuat Animasi Stop Motion Ucapan Ulang Tahun Ke Adik dengan Android

Hai.. Kali ini mimin akan membagikan pengalaman mimin membuat animasi stop motion sederhana dengan barang-barang sederhana yang ada dirumah. Dan sebelum membahas lebih jauh lagi apa sih stop motion itu?? Animasi Stop motion adalah suatu teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan. Setelah tau apa itu stop motion tentukan dulu konsep cerita yang mau dibuat. konsep disini penting karena konsep merupakan awal dari langkah yang mau kita buat. kalo belum ada ide browsing aja contoh stop motion yang sudah ada. Setelah konsep ketemu langsung saja ikutin tutorial dari mimin...


1. Siapkan alat dan bahan

Alat dan bahan yang diperlukan:
-Kertas (bisa kertas hvs atau kertas origami warna)
-Spidol atau alat tulis lain
-Gunting atau kater untuk memotong pola
-Pengaris untuk mengukur pola
-HP Berkamera (Paling Penting)
-Tripot (Karena ts tidak punya tripot jadi mimin mengunakan kereaktifannya untuk membuat tripot sendiri)

 2. Setelah alat dan bahan semua sudah siap. Langkah selanjutnya adalah membuat pola untuk objek stop motion kita. Pilih Sesua selera.  Disini mimin pilih pola yang paling simpel kotak karena mimin orangnya ndak suka macam-macam. halah skip

3. Gambar pola sebanyak kata-kata yang mau dibuat dan potong pola tersebut dengan gunting atau kater yang sudah disiapkan sebelumya.


4. Setelah semua pola terpotong tulis kata-kata yang yang sudah terkonsep diawal tadi. 

5. Setelah semua tulisan selesai maka mulailah siapkan kamera dan tripot. Dimana posisi kamera jangan berubah fokus satu titik saja. dan gunakan lampu untuk menambah pencahayaan. setelah itu mulai dengan konsep pertama lalu gerakan satu persatu huruf sedikit demi sedikit dan jangan lupa untuk memfoto hasil dari gerakannya. sehingga kurang lebih jadi seperti ini,

6. Setelah hasil semua huruf bergerak sesuai konsep awal cek hasil foto. dan setelah semua foto semua dirasa oke lanjut tahap pengeditan dengan hp android. dan buka aplikasi viva vidio. kalo belum ada bisa download dulu.


7. Setelah aplikasi terbuka. pilih slide show dan masukkan semua fotonya tadi dan klik selesa.
      
8. Setelah proses selesai. langkah selanjutnya adalah dengan mengedit tema yang sudah ada diviva vidio, dimana konsep awal mimin adalah ulang tahun maka mimin memilih tema ulangtahun.

9.Setelah tema selesai ditentukan pindah tab selanjutnya yaitu mengedit musik latar dari vidio stop motion yang kita buat. dimana kita isa memilih musik bawaan dari viva vidio mauppun dari dari daftar mp3 kita.

10. Setelah musik latar ditentukan atur durasi sesuai kebutuhan.



11. Tahap selanjutnya ini akan memerlukan tingkat kekretifan kita dimana di tab edit ini. kita bisa menambahkan teks, stiker, efek dan transisi antar foto. Pokoknya inti dari proses pengeditannya disini. Gabung-gabungkan saja apa efek yang sudah ada dengan konsep kita.




12. Setelah dirasa semua sudah oke klik bagikan dan pilih eksplor ke galeridan tungg prosesnya samapai selesai. dan vidio stop motion ucapan ulang tahun sudah selesa.


13. Seelah proses mengekspor sudah selesai cek galeri dan liat vidio kreasi kalian.

Sekian tutorial dari mimin dan maaf masih berantakan soalnya ngeblog dari hp. tp mimin janji nanti kalo sudah online dikompi mimin rapiin. dan kalian yang mau liah hasil vidio mimin bisa liat disini. Youtube. Salam Coba-coba

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Animasi Stop Motion Ucapan Ulang Tahun Ke Adik dengan Android"

Post a Comment