Jenis Jaringan Komputer

secara umum jaringan komputer sendiri terdiri dari beberapa jenis, yaitu :

1.      PAN (Personal Area Network)
Merupakan jaringan yang paling kecil biasanya hanya untuk melakukan transfer data yang berukuran kecil. Misal pada saat kita saling menghubungkan komputer ataupun perangakat lain seperti handphone, PDA, Smartphone, tablet, kamera, dan perangkat lainnya dengan jarak yang cukup dekat (4-6 meter) maka kita telah membantuk suatu Personal Area Network. Hal yang paling penting bahwa dalam PAN ini kita sendiri yang mengendalikan (authoritas) pada semua peralatan tersebut. Selain dihubungkan langsung ke komputer melalui kabel (USB ataupun FireWire), PAN juga sering dibuat dengan teknologi wireless seperti bluetooth, infrared atau WIFI.  

2.      LAN (Local Area Network)
Merupakan sebuah jaringan komputer yang mencakup wilayah yang terbatas. Biasanya jaringan seperti ini digunakan untuk melakukan pertukaran data dari sebuah jaringan yang bersifat local. Dan biasa digunakan di dalam suatu gedung, kampus ataupun sebuah lab komputer.

3.      MAN (Metropolitan Area Network)
Merupakan suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data yang berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan dan lain sebagainya. Jadi MAN merupakan jaringan komputer yang terdiri dari beberapa LAN yang terhubung menjadi satu. Jangkauan dari sebuah jaringan MAN berkisar antara 10 sampai 50 km.

4.      WAN (Wide Area Network)
            Merupakan jaringan komputer dengan cangkupan wilayah yang sangat luas. Cangkupan dari jaringan ini bisa meliputi anatar kota, Negara, bahkan antar benua atau juga bisa didefinisikan sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router atau saluran komunikasi public. Internet sendiri merupakan salah satu contoh dari jaringan WAN ini.

5.      Internet
            Pada dasarnya internet merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Hal ini terjadi karena orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung jaringan lainnya. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.

6.      Jaringan Tanpa Kabel (wireless)
           Merupakan jaringan komputer dimana koneksi antar perangkat baik komputer atau perangkat lainnya tidak memerlukan kabel. Untuk bisa melakukan koneksi jaringan tanpa kabel ini membutuhkan beberapa perangkat tambahan seperti : WIFI Card, WLAN PCI Card, USB Dongle yang dipasangkan pada suatu perangkat (bisa komputer atau yang lainnya) dan untuk menghubungkan perangkat tersebut menggunakan access point. Selain itu system jaringan ini memiliki beberapa kuunggulan seperti : lebih fleksibel, biaya lebih murah karena tidak perlu kabel, perawatan lebih simple, dan irit tempat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Jaringan Komputer"

Post a Comment